Membuat Tanggal Hari Ini di Excel

Halaman ini berguna untuk membuat tanggal hari ini di Excel. Mari ikuti langkah-langkahnya termasuk membuat tanggal disertai waktu di Excel.
Reza Noprial Lubis

Anda dapat dengan mudah membuat tanggal hari ini di Excel dengan menggunakan rumus tertentu. Di Excel, ada dua hal yang dapat Anda lakukan untuk tanggal, yaitu membuat tanggal Statis dan Dinamis.

Tanggal statis maksudnya adalah tanggal yang berlaku seterusnya (tidak berubah meski lembar kerja dibuka ulang). Sedangkan tanggal dinamis, merupakan tanggal yang berubah ketika pengguna membuka kembali di hari yang lain. Nilainya selalu diperbaharui ketika pengguna membuka kembali lembar kerjanya dihari yang lain.

Membuat Tanggal Hari Ini Dengan Statis di Excel

Tidak dibutuhkan rumus tertentu untuk membuat tanggal statis. Anda dapat menuliskannya secara manual atau menggunakan Shortcut tertentu.

  1. Dilembar kerja Anda, tentukan tempat Sel yang ingin menuliskan Tanggal
  2. Untuk menyisipkan tanggal hari ini, Anda dapat menuliskan CTRL + ;
  3. Untuk menyisipkan waktu, dapat menggunakan CTRL + SHIFT + ;

Anda dapat menggunakan dimanapun lokasi Sel yang diinginkan. Itu akan menempelkan tanggal dan waktu secara otomatis di Sel yang Anda tempatkan. Namun, ini adalah langkah penempatan statis (tidak menggunakan rumus). Hasilnya, ia tidak akan berubah pada masa mendatang, ketika pengguna membuka kembali lembar kerjanya.

Membuat Tanggal Hari Ini Dengan Dinamis di Excel

Berbeda dari bagian sebelumnya, pada bagian ini akan menjelaskan tentang tanggal dinamis. Ini akan menghasilkan sebuah tanggal yang berubah (nilainya selalu diperbaharui) sesuai dengan hari dibukanya lembar kerja. Ada dua rumus yang dapat digunakan, yaitu Fungsi TODAY & Fungsi NOW.

Deskripsi dari masing-masing rumus dapat terlihat pada tabel berikut:

Rumus Deskripsi
=TODAY() Menghasilkan tanggal hari ini secara otomatis.
=NOW() Menghasilkan tanggal hari ini dilengkapi dengan Waktu secara otomatis.

Untuk dapat membuatnya, mari ikuti langkah berikut ini:

  1. Tentukan Sel tempat dimana ingin menempatkan tanggal hari ini.
  2. Gunakan rumus =TODAY() ke dalam Sel.
  3. Lihat hasilnya.

Bila Anda ingin menggunakan tanggal hari ini disertai dengan watku, rumus =NOW() berlaku untuk itu. Mari kita terapkan.

  1. Tempatkan pada Sel yang diinginkan;
  2. Tempelkan rumus =NOW();
  3. Tanggal hari ini dilengkapi dengan waktu hari ini juga telah terlihat.

FAQ

Langkah langkah membuat tanggal di Excel? Apa fungsi Today pada Excel? Memasukkan tanggal saat ini di Excel bisa menekan tombol apa? Bagaimana cara memformat angka tanggal dan waktu di Excel?
Reza Noprial Lubis
Seorang praktisi pendidikan yang gemar menulis. Halaman blog ini, didedikasikan untuk memberikan nilai edukasi kepada setiap pengunjung tentang pendidikan Islam.
Comments