Fungsi IF Pada Excel

Salah satu fungsi logika pada Microsoft Excel adalah IF. Fungsi IF pada excel berguna untuk menentukan kriteria berdasarkan sumber data tertentu.
Reza Noprial Lubis

Fungsi IF merupakan salah satu fungsi Logika yang ada pada Microsoft Excel. IF digunakan untuk menjalankan pernyataan berdasarkan kondisi yang telah ditentukan. Disamping itu, IF juga berguna untuk memberikan nilai benar atau salah (TRUE atau FALSE).

Penggunaan umum fungsi IF seperti berikut ini:

=IF(kondisi; nilai_jika_benar; nilai_jika_salah)

Contoh Penggunaan IF Pada Excel

  1. Untuk menghitung bonus berdasarkan hasil kerja karyawan
    Kita memiliki data nilai terhadap kinerja karyawan selama setahun, dan ingin memberikan bonus yang didapatkan masing-masing karyawan. contoh-penggunaan-fungsi-if-pada-excel LicenseCara menggunakan ulang gambar
    Kita menggunakan nilai rata-rata dari kinerja yang dihasilkan karyawan (Sel E3). Inilah yang menjadi acuan kita. Kita menggunakan dua kriteria, dimana:
    • Nilai lebih dari 80 : BONUS TINGGI
    • Nilai lebih dari 60 : BONUS SEDANG
    Sekarang, pergi ke Sel F3, dan isikan rumus berikut ini:
    =IF(E3>80;"BONUS TINGGI";IF(E3>60;"BONUS SEDANG";"TIDAK DAPAT BONUS"))
  2. Jika ingin menentukan lulus tidak lulus
    Tentukan nilai ambang batas untuk dinyatakan lulus (misalnya 70). Tuliskan rumus ini pada Sel E3.
    =IF(E3 >= 70; "Lulus"; "Tidak Lulus")
    Setiap nilai rata-rata yang lebih dari 70 atau sama dengan 70, maka ia akan mendapatkan kategori "Lulus". Sedang lebih rendah darinya, secara otomatis mendapat kriteria "Tidak Lulus".

Fungsi IF sangat berguna bila Anda ingin menentukan kriteria atau tindakan terhadap data yang dimiliki. Fungsi IF juga dapat digunakan dengan fungsi logika lainnya seperti Fungsi AND, Fungsi OR, dan Fungsi NOT untuk menghasilkan pernyataan yang lebih kompleks.

Reza Noprial Lubis
Seorang praktisi pendidikan yang gemar menulis. Halaman blog ini, didedikasikan untuk memberikan nilai edukasi kepada setiap pengunjung tentang pendidikan Islam.
Comments