Membuat Nomor Otomatis di Excel

Ada beberapa tehnik dalam membuat nomor otomatis di Excel. Halaman ini, akan menguraikan cara tersebut dengan panduan yang mudah untuk diikuti.
Reza Noprial Lubis

Halaman ini berguna untuk membuat nomor otomatis di Excel. Membuat nomor dapat digunakan dengan beragam cara, dan itulah yang akan dibahas dalam kajian ini. Mari kita pelajari.

Membuat Nomor Otomatis di Excel Manual

Pada dasarnya, Microsoft Excel merupakan program yang diciptakan untuk pengolahan Angka. Anda juga dapat dengan manual menempatkan angka-angka nomor yang diinginkan. Bila Anda membutuhkan penomoran dengan jumlah yang sedikit, maka menuliskannya secara manual mungkin dapat dijadikan opsi.

Bagaimana jika Anda membutuhkan penomoran yang lebih panjang dengan jumlah yang lebih besar? Tentu saja ini bukanlah solusi. Mari kita pelajari membuat nomor otomatis di Excel dengan rumus.

Membuat Nomor Otomatis di Excel Dengan Autofill

Autofill berguna sebagai langkah untuk pemberian nomor secara otomatis. Ia bekerja dengan mengisi secara otomatis urutan nomor yang digunakan sebelumnya. Langkah yang dapat dilakukan, adalah:

  1. Tuliskan manual 2-3 nomor
  2. Blok nomor 1-3 (yang dibuat sebelumnya)
  3. Arahkan kursor tepat disudut akhir bagian yang di-blok (pastikan kursor berubah bentuk menjadi ikon ini: )
  4. Tarik kebawah sesuai dengan lokasi yang diinginkan. menambahkan-nomor-manual-di-excel

Kekurangan
Bila salah satu baris di hapus, maka Anda perlu mengatur ulang penomoran, karena nomor akan tidak beraturan. Itu karena ia ditambahkan dengan manual.

Membuat Nomor Otomatis di Excel Dengan Rumus

Cara lain dalam membuat nomor otomatis di Excel adalah dengan menggunakan rumus IF. Berikut ini kode lengkap, yang akan kita tempatkan pada sel A2:

=IF(B2="";"";ROW()-1)

Jika B2 terisi, maka nomor akan secara otomatis mengisi sesuai dengan penomoran sebelumnya. Sedang fungsi ROW, merupakan fungsi yang mengembalikan nilai yang kita beri kosong. Itu artinya, ketika tidak ada data yang terdapat pada Sel B2, maka nomor akan kosong.

Reza Noprial Lubis
Seorang praktisi pendidikan yang gemar menulis. Halaman blog ini, didedikasikan untuk memberikan nilai edukasi kepada setiap pengunjung tentang pendidikan Islam.
Comments